1. Aplikasi
Multimedia
Aplikasi multimedia Adalah, aplikasi yang dirancang serta
dibangun dengan
menggabungkan
elemen-elemen seperti : dokumen, suara, gambar, animasi serta
video.
Pemanfaatan dari aplikasi multimedia dapat berupa company profile , video untuk
tutorial, e-Learning , maupun Computer Based Training
Jenis aplikasi multimedia sangatlah beragam dan banyak,
klasifikasi multimedia dapat digolongkan dari cara penyajian dan tujuan.
Dilihat dari cara penyajiannya program multimedia digolongkan menjadi
a.
Linear
Program atau Continuous Program
sebuah program yang berkesinambungan dari awal sampai akhir
karena informasinya disusun berurutan dari awal hingga akhir, sehingga
penayangannya tidak mungkin dihentikan pada suatu saat secara acak, karena
informasi yang disampaikan akan menjadi tidak lengkap dan tidak jelas. Secara
garis besar linear program terdiri dari pembukaan, kemudian diikuti bagian isi
atau uraian apa yang dikemukakan pada pendahuluan dan terakhir adalah bagian
penutup. Penutup ini dapat berupa kesimpulan atau ringkasan seluruh uraian
tersebut. Program multimedia dengan bentuk linear program, dapat berupa program
audio visual statis seperti multi image slide program, audio visual gerak,
animasi film, maupun gabungan ketiga media tersebut
b.
Interactive
Program
sebuah aplikasi yang dapat masing-masing berdiri sendiri
sehingga aplikasi tersebut dihentikan pada suatu saat secara acak dan tetap
memberikan informasi yang dibutuhkan yang merupakan bagian atau unit terkecil
dari keseluruhan aplikasi. Aplikasi interaktif memberikan banyak pilihan kepada
audience untuk memilih sendiri informasi yang diinginkan, dan dari mana akan
dimulai serta diakhiri, ataukah hanya sebagian saja dari keseluruhan informasi
yang dibutuhkan
Berbagai aplikasi multimedia dapat dilihat pada Tabel
1.Tampak bahwa aplikasi multimedia sangat luas.
Tabel
1 Aplikasi multimedia
Aplikasi
|
Keterangan
|
Presentasi
bisnis
|
Multimedia
digunakan sebagai media komunikasi yang efektif untuk menyajikan atau
memasarkan produk/servis ataupun gagasan ke audien.
|
Pelatihan
berbasis computer
(CBD/Computer
Based Training)
|
Multimedia
digunakan untuk mempermudah pembelajaran tentang pengetahuan yang menuntut
penyajian visual. Contoh, CBT digunakan untuk menunjukkan cara membersihkan
dan menguji busi. Dengan cara seperti ini, tidak hanya tata cara membesihkan
busi yang dapat divisualisasikan, tetapi bunyi percikan api ketika busi dites
juga diperdengarkan.
|
Hiburan
|
Multimedia
digunakan dalam program-program permainan untuk membentuk suasana yang lebih
menarik dan interaktif.
|
Pendidikan
|
Multimedia
digunakan memvisualisasikan pelajara-pelajaran yang sulit diterangkan
(misalnya fisika dan matematika) dengan cara konvensional.
|
Penyajian
informasi
|
Multimedia
dapat dipakai untuk membentuk ensiklopedia atau kamus yang melibatkan teks,
gambar, dan suara. Selain itu, multimedia juga memungkinkan penerbitan
elektronis, baik dalam bentuk buku elektronis maupun koran elektronis.
|
Kios
interaktif
|
Kios
adalah tempat informasi yang biasa dijumpai pada tempat-tempat umum (misalnya
mall atau universitas). Pemakai dapat berinteraksi dengan layar sentuh untuk
mempermudah dalam mencari informasi.
|
Telekonferensi
|
Multimedia
digunakan untuk bertemu muka dan bercakap-cakap melalui kamera kecil yang
dihubungkan kemasing-masing komputer pemakai.
|
2.
Kebutuhan
Perangkat Keras
Sebuah sistem yang dilengkapi dengan kemampuan multimedia paling
tidak memiliki kompenen yang disebut kartu suara (sound card), sepasang
speaker, dan mikropon.
a.
Kartu
suara adalah kartu yang digunakan agar komputer mendukung pemrosesan audio.
b.
Speaker
adalah peranti untuk menyajikan suara.
c.
Mikropon
adalah peranti untuk menerima suara manusia..
3.
Elemen
Multimedia
Sebagaimana tersirat dalam definisi multimedia di depan,
elemen multimedia meliputi :
a.
Teks
Teks merupakan bentuk media yang paling umum digunakan dalam
menyajikan informasi, baik yang menggunakan model baris perintah ataupun
GUI.Teks dapat disajikan dengan berbagai bentuk font maupun ukuran.
Pada awal sejarah peradaban, manusia telah menggunakan
gambar- gambar dan tulisan untuk menceritakan tentang pengalaman,
Teks dapat dirancang dengan
menggunakan :
a. Word Processor (WP)
b. Rich Text Format (RTF)
c. Authoring Software (AS)
Format teks
a.
Bullet
text
a. Berisi teks pendek; diawal dengan
simbol-simbol tertentu.
b. Digunakan untuk menjelaskan konsep
atau menjelaskan suatu maksud.Contoh simbol yang digunakan : *, *, 1, a, dll
b.
Paragraf
text
a. Merupakan sekumpulan teks; biasanya
terdiri lebih dari 1 kalimat.
b. Ada 4 bentuk format paragraf, yaitu
: left-aligned, right- aligned, centered, justified
b.
Suara
Suara merupakan media ampuh untuk menyajikan informasi
tertentu: misalnya untuk memperdengarkan cara melafalkan sebuah kata dalam
bahasa inggris. Dengan bantuan suara, pemakai dapat mendengar bunyi suatu kata
dengan tepat. Suara pada komputer disimpan dengan berbagai format. Tabel 2
memperlihatkan tipe-tipe berkas suara.
Tabel
2 Format berkas suara pada komputer
Format
|
Ekstensi
|
Keterangan
|
AIFF
|
Aif
|
Kepanjangannya
adalah Audio Interface File Format, merpakan standar berkas suara tersempel
pada komputer Apple.
|
AU
|
.au
|
Format
suara yang pertama kali dikembangkan oleh Sun. Terkenal di lingkungan UNIX.
|
MIDI
|
.mid
|
Kepanjangannya
adalah Musical Instrument Digital Interface, merupakan format suara yang
khusus menyimpan instrumen musik. Tidak biasa untuk suara.
|
MP3
|
.mp3
|
Format
yang umum digunakan untuk lagu.
|
WAVE
|
.wav
|
Format
suara yang biasa dipakai untuk windows.
|
WMA
|
.wma
|
Kepanjangannya
adalah Windows Media Audio, merupakan berkas suara yang mempunyai kualitas
seperti CD tetapi dengan ukuran berkas hanya setengah dari ukuran berkas MP3.
|
Berbagai perangkat lunak dapat digunakan untuk merekam
suara. Sebagai contoh, Sound Recorder yang tersedia pada Windows dapat
digunakan untuk merekam suara dengan format WAVE.
c.
Gambar
Statis
Umumnya gambar disimpan dengan cara dimampatkan. Tujuannya
adalah untuk menghemat ruang dalam penyimpanan eksternal.Untuk melakukan
pemampatan ini, ada dua teknik yang dikenakan.Yang pertama dinamakan teknik
lossless dan yang kedua adalah teknik lossy. Teknik pemampatan lossy adalah
suatu teknik yang memampatkan data sehingga gambar rekonstruksi hasil
pemampatan mempunyai perbedaan dengan gambar asli, tetapi bagi mata manusia
kelihatan sama. Dengan cara seperti ini, gambar dapat dimampatkan sekecil
mungkin. Teknik pemampatan lossless adalah suatu teknik yang menghasilkan
gambar rekonstruksi yang sama dengan gambar aslinya.
Banyak format gambar yang telah diimplementasikan dalam
sistem komputer. Beberapa format terkenal dapat dilihat pada table di bawah ini.
Tabel
3 format gambar yang telah diimplementasikan dalam system computer.
FORMAT
|
EKSITENSI
|
KETERANGAN
|
BMP
|
.bmp
|
Kepanjangannya
adalah BitMap Grafics. Format yang biasa digunakan pada DOS dan Windows.
|
CDR
|
.cdr
|
Format
gambar yang dihasilkan CorelDraw.
|
DXF
|
.dxf
|
DXF
(Drawing eXchange Format) adalah format gambar yang dihasilkan program
AutoCAD.
|
EPS
|
.eps
|
Kepanjangannya
adalah Encapsulated PostScript. Format yang dapat digunakan untuk teks dan
gambar.
|
GIF
|
.gif
|
Kepanjangannya
adalah Grafics Interchange Format. Dikembangkan oleh Compuserve pada tahun
1987. Hanya dapat menangani 256 warna.
|
HPG
|
.hpg
|
Format
dari Hewlett Packard (Hewlett Packard Graphics Language).
|
JPG
|
.jpg
.jpeg
.jpe
|
Kepanjangannya
adalah Joint Photographic Expert Group. Tingkat kompresinya sangat tinggi.
|
PCX
|
.pcx
|
Format
yang digunakan oleh perangkat lunak Paintbrush.
|
PNG
|
.png
|
PNG
(Portable Network Graphics) dirancang oleh W3C (World Wide Web Consortium)
untuk menggantikan GIF dan JPEG. Formatnya didesain supaya tidak tergantung
pada mesin, sehingga dapat ditangani oleng sembarang jenis komputer dan
sistem operasi.
|
TGA
|
.tga
|
Format
Targa (TGA) merupakan format berkas gambar yang dimuat oleh True Vision, Inc.
untuk mengimplementasikan true color (warna alami yang mengandung jutaan
warna).
|
TIFF
|
.tif
|
Kepanjangannya
adalah Tagged Image File Format. Format ini bisa digunakan pada desktop
publishing.
|
WMF
|
.wmf
|
Kepanjangannya
adalah Windows MetaFile. Biasa dijumpai pada Windows.
|
WPG
|
.wpg
|
Format
gambar yang dihasilkan oleh DrawPerfect.
|
Berbagai perangkat lunak tersedia untuk membuat gambar
statis.Adobe Photoshop merupakan contoh perangkat lunak terkenal di Windows
yang digunakan untuk memanipulasi gambar dan foto.Di lingkungan Linux terdapat
GIMP. Paint merupakan program grafik sederhana yang dapat digunakan untuk
membuat gambar dengan menggunakan mouse.
d.
Animasi
Aplikasi animasi adalah perangkat lunak yang digunakan untuk
membuat, mengedit, dan memanipulasi informasi dalam bentuk animasi.Animasi
adalah gambar bergerak atau video dengan konten gambar yang fiktif, seperti
kartun dan gambar tidak riil. Beberapa contoh perangkat lunak animasi adalah
sebagai berikut:
1.
Macromedia
Flash, merupakan perangkat lunak animasi yang banyak digunakan, baik untuk web,
presentasi, dll. Bersifat komersial dan diproduksi oleh Macromedia Inc.Houdini
Animation Software, bersifat komersial dan diproduksi oleh Side Effect
Software.
2.
Power
Animator, merupakan generasi pendahulu dari Maya untuk membuat animasi.
Bersifat komersial dan diproduksi oleh Alias Systems CorporationTeknik animasi
yang lain yang sangat terkenal adalah morphing.
Karakter animasi sendiri sekarang telah berkembang
yang dulu mempunyai prinsip sederhana sekarang menjadi beberapa jenis animasi
yaitu karakter animasi sendiri sekarang telah berkembang yang dulu mempunyai
prinsip sederhana sekarang menjadi beberapa jenis animasi yaitu :
a. Animasi 2D (2 Dimensi )
Animasi 2D biasa juga disebut dengan film kartun.Kartun
sendiri berasal dari kata Cartoon, yang artinya gambar yang lucu.Dan film
kartun itu kebanyakan film yang lucu.Contohnya banyak sekali, baik yang di TV
maupun di Bioskop. Misalnya: Shincan, Looney Tunes, Pink Panther, Tom and
Jerry, Scooby doo, dan masih banyak lagi. Meski yang populer kebanyakan film
Disney, namun bukan Walt Disney sebagai bapak animasi kartun.
b. Animasi 3D (3 Dimensi)
Perkembangan teknologi dan komputer membuat teknik pembuatan
animasi 3D semakin berkembang dan maju pesat.Animasi 3D adalah pengembangan
dari animasi 2D.Dengan animasi 3D, karakter yang diperlihatkan semakin hidup
dan nyata, mendekati wujud manusia aslinya.Semenjak Toy Story buatan Disney
(Pixar Studio), maka berlomba¬lombalah studio film dunia memproduksi film
sejenis. Bermunculanlah, Bugs Life, AntZ, Dinosaurs, Final Fantasy, Toy Story
2, Monster Inc., hingga Finding Nemo, The Incredible, Shark Tale. Cars,
Valian.Kesemuanya itu biasa ju ga disebut dengan animasi 3D atau CGI (Computer
Generated Imagery).
c. Stop_Motion
Animation
Animasi ini juga dikenali sebagai claymation kerana
animasi ini menggunakan clay (tanah liat) sebagai objek yang di gerakkan.Teknik
ini pertama kali di perkenalkan oleh Stuart Blakton pada tahun 1906.Teknik ini
seringkali digunakan dalam menghasilkan visual effect bagi filem-filem era
tahun 50an dan 60an.
Film Animasi Clay Pertama dirilis bulan Februari 1908
berjudul, A Sculptors Welsh Rarebit Nightmare. Untuk beberapa waktu yang lalu
juga, beredar film clay yang berjudul Chicken Run..
Jenis ini yang paling jarang kita dengar dan temukan
diantara jenis lainnya. Meski namanya clay (tanah liat), yang dipakai bukanlah
tanah liat biasa. Animasi ini memakai plasticin, bahan lentur seperti permen
karet yang ditemukan pada tahun 1897. Tokoh-tokoh dalam animasi Clay dibuat
dengan memakai rangka khusus untuk kerangka tubuhnya, lalu kerangka tersebut
ditutup dengan plasficine sesuai bentuk tokoh yang ingin dibuat. Bagian-bagian
tubuh kerangka ini, seperti kepala, tangan, kaki, disa dilepas dan dipasang
lagi. Setelah tokoh-tokohnya siap, lalu
difoto gerakan per gerakan.Foto-foto tersebut lalu digabung menjadi gambar yang
bisa bergerak seperti yang kita tonton di film. Animasi ini agak sukar untuk
dihasilkan dan memerlukan kos yang tinggi.
d. Animasi Jepang (Anime)
Anime, itulah sebutan tersendiri untuk film animasi di
Jepang\, Jepang pun tak kalah soal animasi dibanding dengan buatan eropa.Anime
mempunyai karakter yang berbeda dibandingkan dengan animasi buatan eropa. Salah
satu film yang terkenal adalah Final Fantasy Advent Children dan Jepang sudah
banyak memproduksi anime.
Berdasarkan teknik pembuatannya animasi dibedakan menjadi
sepuluh jenis yaitu : animasi cel, animasi frame, animasi sprite, animasi path,
animasi spline, animasi vektor, animasi clay, morphing, animasi digital dan
animasi karakter
e. Video
Video adalah teknologi untuk menangkap, merekam, memproses,
mentransmisikan dan menata ulang gambar bergerak.Biasanya menggunakan film
seluloid, sinyal elektronik, atau media digital.Video juga bisa dikatakan
sebagai gabungan gambar-gambar mati yang dibaca berurutan dalam suatu waktu dengan
kecepatan tertentu. Gambar-gambar yang digabung tersebut dinamakan frame dan
kecepatan pembacaan gambar disebut dengan frame rate, dengan satufps.
Video Pada dasarnya terdapat dua jenis video dalam
layer computer, yaitu : analog dan digital video.
a.
Video
Analog merupakan produk dari industri pertelevisian dan oleh sebab itu
dijadikan sebagai standar televise
b.
Video
Digital adalah produk dari industri computer dan oleh sebab itu dijadikan
standar data digital.
1.
Video
Analog
Meskipun banyak video yang diproduksi hanya untuk
platform display digital(untuk Web, CD-ROM, atau sebagai presentasi HDTV DVD),
video analaog (kebanyakan masih digunakan untuk penyiaran televisi) masih
merupakan platform yang paling banyak diinstal untuk mengirim dan melihat video.
Standar
Penyiaran Video Analog :
Tiga
standar penyiaran video analog yang paling banyak digunakan di dunia adalah
NTSC, PAL, dan SECAM.
a. NTSC
Amerika serikat, Kanada, Meksiko, Jepang, dan banyak Negara
lain menggunakan system penyiaran dan pemutaran video berdasarkan spesifikasi
yang dibuat pada tahun 1952, National Television Standar Comitee. Standar ini
mendefinisikan sebuah metode untuk mengenkode informasi kedalam sinyal video
terbuat dari 525 garis Horizontal yang di-scan dan digambar ke dalam wajah dalam
tabung gambar berfosfor setiap 1/30 detik dengan electron yang bergerak cepatb.
PAL Sistem Phase Alternate Line (PAL) digunakan di Inggris, Eropa Barat,
Australia, Afrika Selatan, Cina, dan Amerika Selatan. PAL meningkatkan resolusi
layer menjadi 625 garis Horizontal, namun memperlamabta kecepatan scan menjadi
25 frame per detik. Sama seperti saat penggunaan NTSC, garis genap dan ganjil
digabungkan , setiap field memerlukan 1/50 detik untuk menggambar (50Hz).
b.
SECAM
Sistem Sequantial Color and Memory (digunakan di
Perancis.Eropa timur, USSR (sekarang Rusia), dan beberapa Negara lai. Meskipun
SECAM merupakan system dengan 625 garis, 50 Hz, namun berbeda jauh dari system
warna NTSC dan PAL dalam hal dasar teknologi dan metode penyiaran. Terkadang TV
yang dijual di Eropa memanfaatkan dual komponen dan dapat menggunakan system
PAL dan SECAM.
c. ATSC
High Definition Television (HDTV). Hal penting untuk
produser multimedia standar tersebut mengizinkan adanya transmisi data ke
komputer dan untuk layanan ATV interaktif yang baru . High Definition
Television (HDTV) menyediakan resolusi tinggi dengan aspek rasio 16:9. Industri
penyiaran telah mengumumkan secara resmi format interlaced 1920 x 1080 resolusi
ultra-high sebagai batu penjuru generasi baru dari pusat hiburanterkemuka,
namun industri komputer lebih senang memakai sistem scan progresif 1280 x 720
untuk HDTV. Orang-orang yang berkecimpung dibidang computer berpendapat nahwa
kualitas gambar dalam 1280×720 lebih superior dan stabil. Kedua format telah
dimasukkan dalam standar HDTV .
2.
Video
Digital
Integrasi Penuh dari video digital dalam kamera dan komputer
mengurangi nemtuk televisi analog dari video dari produksi multimedia dan
platform pengiriman, jika kamera video anda menggerakkan sinyal output digital,
Anda dapat merekam video anda langsung ke disk, yang siap untuk diedit. Jika
sebuah video klip disimpan sebagai data pada hard disk, CD-ROM atau perangkat
penyimpanan massal lain, Dunia video kini telah mengalami perubahan dari analog
ke digital.Pada konsumen rumahan dan perkantoran kita dapat menikmati kualitas
video digital yang prima lewat hadirnya teknologi VCD dan DVD (Digital
Versatile Disc), sedangkan dunia broadcasting kini juga lambat laun mengalihkan
teknologinya kearah DTV (Digital Television).
Banyak format video yang telah diimplementasikan dalam
sistem komputer.Beberapa format terkenal dapat dilihat pada Tabel 4.
Tabel
4 Format berbagai video pada komputer
FORMAT
|
KETERANGAN
|
AVI
|
Kepanjangannya
adalah Audio/Video Interleaved, merupakan standar video pada lingkungan
windows.
Ekstensi
: .avi
|
MOV
|
Format
ini dikembangkan oleh Apple. Merupakan format video yang paling banyak
digunakan di Web.
|
MPEG
|
Kepanjangannya
adalah Motion Picture Experts Group, merupakan format untuk video yang biasa digunakan
dalam VCD.
|
Contoh perangkat lunak terkenal yang biasa digunakan untuk
membuat film dengan format AVI ataupun yang lain yaitu Adobe Premiere. Windows
juga menyediakan perangkat lunak untuk keperluan ini, yaitu Windows Movie
Maker.
4.
Perangkat
Lunak Multimedia
Perangkat lunak multimedia adalah komponen-komponen dalam
data processing system, berupa program-program untuk mengontrol bekerjanya
sistem komputer multimedia. Perangkat lunak ini digolongkan menjadi tiga bagian
yaitu bahasa pemrograman multimedia, perangkat lunak system multimedia dan
perangkat lunak aplikasi multimedia.
Perangkat lunak yang secara khusus ditujukan untuk membuat
aplikasi multimedia disebut multimedia authoring system (atau sering disebut
authoring software).Beberapa contoh yang tergolong sebagai authoring software
yaitu Authoware, Quest, Icon Author, dan Multimedia Director.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar